Tuesday 30 November 2010

Manajemen strategi melalui ukuran pendekatan stakeholders internal dan eksternal

Setiap stakeholder (para pemegang kepentingan) memiliki criteria tersendiri untuk menentukan seberapa baik kinerja yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Kriteria-kriteria tersebut biasanya berhubungan dengan dampak langsung maupun tidak langsung aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan terhadap kepentingan stakeholder. R. E. Freeman percaya bahwa manajemen puncak perlu “menjaga nilai yang diperoleh” para stakeholdernya, dan seperti ditunjukkan pada table dibawah ini, manajemen puncak harus menetapkan satu atau lebih pengukuran sederhana untuk setiap kategori stake holdernya.

Alat Ukur Para Stakeholder

Kategori Stakeholder
Alat Ukur Jangka Pendek yang Memungkinkan
Alat Ukur Jangka Panjang yang Memungkinkan
Pelanggan
Penjualan ($ dan volume) Pelanggan baru
Jumlah pelanggan baru yang kebutuhannya terpenuhi
Pertumbuhan dalam penjualan
Perputaran berdasarkan pelanggan
Kemampuan untuk mengendalikan harga
Pemasok
Biaya bahan mentah
Waktu pengiriman
Persediaan
Ketersediaan bahan mentah
Tingkat pertumbuhan :
   Biaya bahan mentah
   Waktu pengiriman
   Persediaan
Ide-ide baru dari para pemasok
Komunitas Keuangan
EPS
Harga saham
Jumlah daftar “yang membeli saham”
ROE
Kemampuan untuk meyakinkan Wall Street tentang strategi yang ditempuh
Pertumbuhan ROE
Karyawan
Jumlah saran dari karyawan
Produktivitas
Jumlah desas-desus yang berkembang
Jumlah promosi internal
Keluar masuk karyawan
Dewan Perwakilan Rakyat (wakil rakyat)
Jumlah peraturan yang mempengaruhi perusahaan
Akses kepada tokoh kunci dan staf wakil rakyat
Jumlah peraturan baru yang mempengaruhi industri
Rasio antara pertemuan dengan wakil rakyat yang menghasilkan “kerja sama” vs “menjadi pesaing”
Lembaga Perwakilan Konsumen
Jumlah pertemuan dengan lembaga perwakilan konsumen
Jumlah pertemuan “yang penuh permusuhan”
Jumlah kerja sama yang dihasilkan
Jumlah tuntutan hukum terhadap perusahaan
Jumlah perubahan dalam kebijakan terhadap lembaga perwakilan konsumen
Jumlah bantuan yang diberikan kepada lembaga perwakilan konsumen
Para Pencinta Lingkungan
Jumlah pertemuan pencinta lingkungan
Jumlah pertemuan “yang penuh permusuhan”
Jumlah kerjasama yang dihasilkan
Jumlah keluhan yang diterima dari EPA
Jumlah tuntutan hukum terhadap perusahaan
Jumlah perubahan dalam kebijakan terhadap pencinta lingkungan
Jumlah bantuan yang diberikan kepada pencinta lingkungan

No comments:

Post a Comment